Latest Updates

Sejuta kandungan nutrisi dalam air kelapa muda

Saat-saat bersantai ditepi pantai sangat tidak lengkap jika belum ditemani buah kelapa muda. Meminum air kelapa muda yang baru saja dipetik dari pohonnya... hemmmmm sangat segar sekali....
Air kelapa muda ini diperoleh dengan membuka tender buah yang berwarna hijau, didalam tender ini akan kita dapati cairan bening, manis dan steril yang tersusun dari beberapa bahan kimia seperti gula, vitamin, mineral, elektrolit, enzim, asam amino, sitokin, dan phyto-hormon yang sangat menyehatkan.

Sejuta kandungan nutrisi dalam air kelapa muda

Kualitas air kelapa terbaik adalah saat usia buah kelapa masih muda, yakni sekitar umur 5 - 7 bulan. Dari setiap buah kelapa rata-rata dapat menghasilkan sekitar 200 - 1000 ml air (tergantung dari kultivar dan ukuran). Perlu diketahui bahwa buah kelapa yang masih terlalu muda memiliki rasa air yang cenderung pahit dan tanpa nutrisi. Sebaliknya jika buah ini terlalu tua saat dipanen, air kelapanya terasa kurang enak dan volume air kelapa pun terkesan lebih sedikit.

Air kelapa muda juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, sebuah penelitian membuktikan bahwa selain dapat mengobati dehidrasi (air kelapa kaya akan gula sederhana, elektrolit dan mineral) ternyata air kelapa juga memiliki kandungan sitokinin yang dapat berfungsi sebagai anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik

Kandungan zat dalam air kelapa, diantaranya :
  • Kaya akan seperti asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak
  • MEngandung enzim bioaktif alami seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase.
  • Mengandung mineral seperti kalsium, besi, mangan, magnesium, dan seng.
  • Kandungan vitamin B-kompleks seperti riboflavin, niasin, thiamin, piridoksin, dan folat.
  • 100 ml air kelapa memiliki kandungan 250 mg potasium dan 105 mg sodium

0 Response to "Sejuta kandungan nutrisi dalam air kelapa muda"

Posting Komentar