Latest Updates

Khasiat buah semangka untuk kesehatan kita

Saat musim panas seperti ini, hal yang paling indah adalam menikmati buah semangka sambil bersantai bersama orang-orang tercinta. Dahaga kita akan segera terbuaskan dengan menikmati beberapa potong buah semangka, selain itu semangka merupakan sumber vitamin A dan antioksidan yang baik.

Khasiat buah semangka untuk kesehatan kita

Buah semangka merupakan keluarga dari Cucurbitaceae dari genus Citrullus, sama halnya dengan melon dan labu yang juga tumbuh merambat di tanah. Selain memiliki rasa yang segar dan lezat ternyata buah semangka juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan kita, diantaranya :
  • Mengobati haus karena semangka kaya akan kandungan air alami yang menyehatkan
  • Rendah kalori dan lemak (100 gr buah semangka = 30 kal), namun kaya akan nutrisi nabati dan zat antioksidan.
  • Kaya akan vitamin A (100 gr semangka =56 mg vitamin A). Vitamin A sangat penting bagi kekebalan tubuh dan kesehatan mata. Mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin A juga dapat melindungi kita dari ancaman paru-paru dan kanker rongga mulut.
  • Dengan kandungan lycopene, beta-karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin membuat semangka memiliki kemampuan untuk melindungi sel dari radikal bebas.
  • Kaya akan likopen (100 gr semangka 4532 mg likopen) yang mampu melindungi kita dari serangan UV yang membahayakan kulit.
  • Menawarkan perlindungan yang baik dari serangan stroke dan jantung koroner karena semangka kaya akan potasium.
  • Mengandung berbagai macam zat penting lainnya : vitamin B6-(pyridoxine), mangan, vitamin C dan thiamin (vitamin B-1). Dengan kandungan mangan yang dimilikinya, membuat semangka bisa menghasilkan enzim antioksidan yang mampu menangkal berbagai macam radikal bebas.

0 Response to "Khasiat buah semangka untuk kesehatan kita"

Posting Komentar