Latest Updates

Keajaiban si ratu buah (anggur) untuk kesehatan

Buah ini sangat populer dikalangan masyarakat dunia, dalam kebudayaan buah-buahan, anggur dianggap sebagai ratu buah-buahan. Alasan mengapa buah anggur mendapat gelar "ratu buah-buahan" adalah karena buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan umat manusia. Dengan kandungan berbagai macam nutrisi nabati seperti poli-fenolik antioksidan, vitamin, dan mineral membuat banyak diantara kita yang menggunakannya untuk diet sehat (baik itu dalam bentuk salad buah, jus ataupun langsung dimakan dalam bentuk segar).

Keajaiban si ratu buah (anggur) untuk kesehatan

Secara botanikal, anggur berbentuk bulat kecil yang berasal dari genus Vitis yang merupakan buah asli dari Eropa dan Mediterania. Hingga sekarang sudah banyak negara di seluruh dunia yang sudah membudidayakan anggur, namun ada tiga spesies anggur yang sangat terkenal di dunia yaitu Amerika Utara (Vitis labrusca dan Vitis rotundifolia), Eropa (Vitis vinifera) dan Perancis hibrida.

Beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan :
  • Anggur kaya akan Resveratrol yang merupakan anti-oksidan kuat yang dapat mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti jantung koroner, kanker usus, prostat dll. Dengan kandungan Resveratrol ini akan dapat mengurangi penyempitan pembuluh darah yang nantinya merupakan penyebab penyakit jantung dengan cara menurunkan aktifitas angiotensin. Angiotensin ini merupakan hormon yang menjadi penyebab utama penyempitan pembuluh darah.
  • Mengandung Anthocyanin (phytochemical) yang memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi, anti-mikroba serta anti-kanker.
  • Rendah kalori (100 gram anggur = 69 kalori) dengan kadar "nol" kolesterol.
  • Kaya akan tembaga dan mangan yang sangat penting untuk proses co-faktor enzim antioksidan, superoksida dismutase.
  • Kaya akan kalium (100 gram = 191 mg kalium)
  • Sumber Vitamin A, C, K dan B-kompleks (thiamin, piridoksin, riboflavin)

0 Response to "Keajaiban si ratu buah (anggur) untuk kesehatan"

Posting Komentar