Latest Updates

Semut bisa mendeteksi akan terjadinya gempa bumi?

Semut adalah hewan kecil yang hidup disekitar kita, keberadaan mereka tidak pernah kita perhatikan. Bagi sebagian orang semut merupakan hewan biasa yang tidak memiliki kelebihan apa-apa. Namun sebenarnya semut memiliki kemampuan yang sangat luar biasa, semut bisa mendeteksi gempa. Mereka (semut) bisa mengetahui jika akan terjadi gempa bumi.


Beberapa orang ilmuan di Jerman melakukan pengamatan pada sarang semut. Semut-semut ini berperilaku aneh ketika akan terjadi gempa bumi. Pada keadaan normal, semut merah mencari makanan pada siang hari dan kembali ke sarang untuk beristirahat pada malam hari. Namun ketika akan terjadi gempa yang berjarak sekitar 32 km dari sarang, mereka tidak kembali pada malam hari.

Sepertinya mereka (semut) mengetahui jika akan terjadi gempa bumi sehingga mereka tidak kembali ke sarang. Semut-semut ini baru akan beraktifitas seperti biasa satu hari setelah gempa bumi. Penelitian tersebut membuktikan bahwa semut kayu merah dapat mendeteksi perubahan yang terjadi di dalam bumi, yakni peningkatan gas CO2 dalam kerak bumi. Gas CO2 akan meningkat sesaat sebelum terjadi gempa bumi.

Mungkin saja suatu saat nanti semut kayu merah tersebut dapat dimanfaatkan oleh ilmuan untuk mendeteksi terjadinya gempa bumi. Sehingga dapat memperkecil kemungkinan korban jiwa yang disebabkan oleh gempa bumi. Kita tunggu saja hasil penelitian mereka selanjutnya.

0 Response to "Semut bisa mendeteksi akan terjadinya gempa bumi?"

Posting Komentar