Latest Updates

Manfaat kopi untuk kesehatan

Siapa sih di dunia ini yang tidak mengenal kopi, semua orang mulai dari anak-anak hingga manula mengenal kopi. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa mereka adalah pecandu kopi. Sangat wajar jika banyak orang yang menggilai minuman berwarna hitam kelam ini, minuman ini sangat pas jika dikonsumsi saat masih hangat. Tidak peduli suasana sedang dingin atau panas, tetap saja kopi begitu enak untuk dinikmati (menurut para pecandu kopi, termasuk penulis sendiri hehehehehe..). Ada banyak manfaat kopi untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan jika dalam mengkonsumsinya sesuai aturan.

Manfaat kopi untuk kesehatan
Creative Crop - getty images

Yang dimaksud mengkonsumsi sesuai aturan adalah tidak terlalu berlebihan dalam menikmati minuman berwarna hitam kelam ini. Apapun itu jika terlalu berlebih-lebihan dalam penggunaannya tetap saja tidak akan berdampak baik. Yapz, langsung saja kita bahas beberapa manfaat kopi untuk kesehatan :

Dapat mencegah terbentuknya batu ginjal
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli di Harvard, ditarik sebuah kesimpulan bahwa mereka yang mengkonsumsi 2 sampai 3 cangkir kopi setiap hari telah terbukti mampu mereduksi terbentuknya batu ginjal dalam tubuh (sebesar 25%). Pasca penelitian di harvard, banyak pula penelitian dilakukan diseluruh penjuru dunia dan menghasilkan kesimpulan serupa.

Meminimalisir serangan diabetes tipe II
Dengan kandungan asam klorogenik yang ada dalam kopi membuatnya mampu memperlambat penyerapan zat gula dalam tubuh. Selain itu asam klorogenik juga mampu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Nah, kesimpulannya adalah bahwa dengan mengkonsumsi kopi sesuai dengan aturan akan dapat bermanfaat untuk mereduksi kemungkinan serangan diabetes tipe II sebesar 50%, wow... angka yang sungguh fantastis bukan !

Mampu mencegah penyakit kanker
Entah zat apa yang terkandung dalam kopi ini, namun beberapa penelitian telah menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi 2 sampai 3 cangkir kopi per hari mampu mereduksi kemungkinan untuk terkena serangan penyakit kanker.

Dapat mencegah stroke / penyakit jantung
Manfaat kopi untuk mencegah stroke memang terdengar nyeleneh bukan ? Namun pada kenyataannya memang benar bahwa kopi dapat memainkan peran tersebut (pencegah stroke) dengan amat baik. Sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 83 ribu wanita diseluruh penjuru dunia, membuktikan bahwa wanita berusia 24 th keatas yang rutin mengkonsumsi kopi (2 -3 cangkir per hari) mampu meminimalisir kemungkinan untuk terkena serangan stroke hingga 19%.

Yaaaa... sangat fantastis bukan manfaat kopi untuk kesehatan kita, namun perlu diingat bahwa dalam mengkonsumsinya pun harus sesuai aturan... sekali lagi sesuai aturan dan jangan berlebihan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya ..............

0 Response to "Manfaat kopi untuk kesehatan"

Posting Komentar