Latest Updates

Obat untuk sakit amandel

Penyakit amandel disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah karena gaya hidup tidak sehat dan bakteri. Beberapa faktor tersebut menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening (di tenggorokan), akibatnya kita akan merasakan rasa sakit dan tidak nyaman pada daerah tersebut. Namun jangan khawatir, sakit amandel ini dapat kita obati dengan cara alami yang cukup mudah. Ada banyak bahan dari alam yang dapat kita manfaatkan sebagai obat untuk sakit amandel.

Obat untuk sakit amandel
Miodrag Gajic - getty images

Beberapa bahan alam yang dapat menjadi obat untuk sakit amandel dan boleh dikatakan cukup manjur, diantaranya adalah :

Menggunakan daun sosor bebek
Pernah mendengar nama daun sosor bebek? Ya daun sosor bebek ini sudah sangat familiar terdengar ditelinga kita atau bahkan kita sendiri memiliki tanaman tersebut. Daun sosor bebek ini bila kita patahkan akan mengeluarkan getah bening (lendir) yang mirip dengan getah dari lidah buaya. Nah lendir inilah yang nantinya akan kita gunakan untuk mengobati sakit amandel. Cara menggunakan daun sosor bebek terbilang cukup mudah, kita cukup menumbuk beberapa daun sosor bebek kemudian memerasnya. Perasan dari daun sosor bebek inilah yang nantinya kita gunakan untuk berkumur, ingat cuma berkumur dn jangan sampai tertelan. Jika kita melakukan ini secara teratur maka akan mempercepat penyembuhan sakit amandel.

Menggunakan akar kompri yang masih segar
Akar kompri yang masih segar juga dapat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit amandel. Kita cukup menyiapkan beberapa akar kompri kemudian memotongnya menjadi beberapa bagian. Potongan akar kompri tersebut kita rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih (hingga tersisa sekitar 2 gelas air). Saringlah rebusan air tersebut, kemudian diminum saat air tersebut sudah dingin.

Menggunakan akar alang-alang
Sudah menjadi rahasia umum bahwa akar tanaman alang-alang sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam keluhan sakit tenggorokan. Namun manfaat akar alang-alang untuk mengobati amandel mungkin jarang kita dengar. Kita dapat menggunakan akar alang-alang ini sebagai obat untuk sakit amandel dengan cara merebus akar alang-alang dengan 4 gelas air sampai mendidih (rebus sampai tersisa sekitar 2 gelas air). Saringlah air hasil rebusan akar alang-alang tersebut, kemudian meminumnya saat air sudah dingin.

Demikian beberapa bahan alam yang dapat kita gunakan sebagai obat untuk sakit amandel. Sebelum memutuskan untuk menggunakan bahan-bahan diatas untuk mengobati amandel, ada baiknya terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter agar memperoleh hasil yang maksimal. Hal ini karena setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda, ada beberapa orang yang cocok dengan bahan-bahan tadi. Mungkin ada juga beberapa orang lainnya yang justru alergi dengan bahan-bahan tadi (daun sosor bebek, akar kompri dan akar alang-alang).

Sampai jumpa pada postingan selanjutnya ...........................

0 Response to "Obat untuk sakit amandel"

Posting Komentar