Latest Updates

Cara ampuh menyembuhkan kecanduan rokok

Setelah pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang penyebab seseorang menjadi pecandu rokok, maka pad artikel kali ini akan kita bahas tips atau cara ampuh menyembuhkan kecanduan rokok. Cara ini sudah pernah diterapkan oleh penulis hingga pada akhirnya penulis dapat lepas dari cengkraman asap rokok. Sebenarnya modal utama untuk dapat lepas dari jeratan rokok ini adalah " pemaksaan", ya kita harus berani memaksa diri kita sendiri untuk menolak rokok.

Cara ampuh menyembuhkan kecanduan rokok
Dave and Les Jacobs - getty images

Memang pada kenyataannya menolak rokok adalah hal yang sangat sulit, apa lagi bagi seorang yang sudah terlanjur menjadi pecandu rokok. Pada awalnya penulis sendiri pun merasa kesulitan dan tersiksa jika harus menghindari rokok 100%, hingga akhirnya penulis memutuskan untuk menolak rokok secara perlahan. Jika biasanya penulis bisa menghabiskan hingga 2 bungkus rokok (dengan isi 16 batang rokok per 1 pack) dalam setiap harinya. Maka penulis mulai menekan kebiasaan merokok (dengan rasa terpaksa yang sangat besar), bila biasanya penulis menghabiskan 2 bungkus rokok/ hari maka mulailah mengurangi hingga menjadi 1 bungkus / hari.

Setelah kebiasaan mengkonsumsi rokok 1 bungkus / hari berlangsung sekitar 1 minggu, penulis akhirnya mulai terbiasa dengan kebiasaan ini. Pada minggu yang kedua, penulis mencoba menekan kembali kebiasaan merokok hingga 8 batang rokok / hari. Kebiasaan rokok 8 batang / hari tersebut berlangsung sekitar 11 hari, dan disaat-saat seperti itu penulis sangat merasa tersiksa. Namun keninginan untuk sembuh dan dorongan rasa terpaksa yang besar membuat penulis bertahan.

Memasuki minggu ke 3 penulis lebih berani untuk menekan kebiasaan merokok hingga menjadi 3 batang rokok / hari, yakni saat bangun tidur, selesai makan siang dan pada malam hari sebelum tidur. Pada fase ini penulis juga membuat kesibukan sendiri (penulis membeli perangkat smartphone atau bisa juga dengan hal lain yang disukai), hingga saat keinginan untuk merokok datang, penulis menggantinya dengan bermain-main dengan smartphone dan menikmati permen.

Memasuki minggu ke 4, penulis sudah mulai bisa lepas dan melupakan asap rokok. Mungkin hanya menghisap 1 batang rokok/ hari bahkan tidak merokok sama sekali. Ya, perlu diketahui bahwa efek dari cara ampuh menyembuhkan kecanduan rokok ini sangatlah terasa. Badan terasa pegal-pegal, kepala pusing, mulut masam dan malas beraktivitas. Namun itu semua akan dapat kita hilangkan dengan olahraga setiap pagi secara teratur.

Pada minggu ke 5 penulis sudah benar-benar bisa melupakan rokok, ya sama sekali lupa dengan asap rokok. Kebiasaan merokok hingga pada akhirnya memang berasal dari rasa penasaran (coba-coba). Maka dari itu, buanglah jauh-jauh keinginan untuk mencoba segala sesuatu yang jelas-jelas keburukannya (contoh : rokok, narkoba, miras dll). Karena dianggap ampuh dalam menyembuhkan kecanduan rokok, hingga pad akhirnya penulis memberikan judul artikel ini cara ampuh menyembuhkan kecanduan rokok.

Semoga coretan pengalaman dari penulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama dalam memerangi kecanduan akan rokok. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya ..................

0 Response to "Cara ampuh menyembuhkan kecanduan rokok"

Posting Komentar