Latest Updates

Khasiat blueberry untuk kesehatan kita

Blueberry adalah buah sejenis buah kecil yang kaya akan pigmen alami antosianin pro-antioksidan. Buah berry yang berwarna biru-ungu menunjukan bahwa buah tersebut sudah berumur panjang. Blueberry ini berasal dari tanaman sejenis semak daun dalam keluarga ericaceae dari genus vaccinium.

Khasiat blueberry untuk kesehatan kita

Pohon blueberry ini cukup tinggi (10 - 12 m ), tumbuh dengan rimbun dan bercabang. Biasanya pohon blueberry ini banyak ditemukan di tepi rawa-rawa, danau, kolam, dan sungai. Secara umum, buah ini siap dipanen ketika memiliki warna biru tua. Cara memanen buah ini pun harus dengan ketelitian yang tinggi karena harus memilih mana buah yang sudah layak panen dan yang belum.

Selain memiliki rasa yang segar dan lezat, ternyata buah blueberry juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, diantaranya :
  • Blueberry rendah kalori ( 100 gr = 57 kalori ) dan banyak mengandung vitamin, mineral dan pigmen antioksidan yang sangat berjasa bagi kesehatan kita.
  • Merupakan buah yang mengandung antioksidan tinggi ( 100 g blueberry setara dengan 5562 TE ). Nilai antioksidan tersebut berasal dari senyawa anthocyanidin seperti asam chlorogenic, tanin, myricetin, quercetin dan kaempferol.
  • Banyak mengandung karoten-β, lutein dan zea-xanthin.
  • Mengandung vitamin C dan A yang berfungsi sebagai antioksidan.
  • Mengandung vitamin B-kompleks (niacin, piridoksin, folat dan asam pantotenat) yang membantu tubuh mengolah karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi.
  • Banyak mengandung kalium (mengontrol tekanan darah), mangan (sebagai antioksidan), tembaga dan besi (pembentukan sel darah merah).

0 Response to "Khasiat blueberry untuk kesehatan kita"

Posting Komentar