Latest Updates

Katak Goliath, katak terbesar di Afrika barat

Saat melihat katak sedang melompat-lompat, mungkin kita biasa saja. Sudah wajar kan katak kecil dan lucu itu melompat-lompat sambil mengeluarkan suara merdunya. Namun apa yang terjadi jika katak yang melompat tersebut bukanlah katak biasa, katak tersebut berukuran raksasa. Masihkah bisa bersikap biasa?
Sudah pasti hal pertama yang akan kita lakukan adalah mengambil langkah seribu alias kabuuurrrrr.....

Katak Goliath, katak terbesar di Afrika barat

Percaya atau tidak, di Afrika barat telah ditemukan katak yang tumbuh lebih dari 15 inci panjangnya dan bobot lebih dari 4 kg. Woooowww... luar biasaaaa... ya kira-kira seukuran bayi yang baru lahir. Katak goliath (Conraua goliath) dapat hidup sampai dengan umur sekitar 15 tahun.

Katak goliath ini bisanya hidup di sungai yang berarus deras dengan dasar yang berpasir, makanan mereka adalah sejenis kalajengking. Namun biasanya mereka juga menjadi hewan kanibal dengan memakan katak kecil. Bagi kita mungkin katak berukuran besar tersebut terlihat menakutkan, namun tidak demikian dengan penduduk Afrika. Mereka justru menganggap katak goliath ini adalah makanan sehari-hari mereka.

Dengan seringnya diburu untuk dimakan, populasi katak goliath ini semakin berkurang (mengalami penurunan populasi sekitar 50%) dalam kurun waktu tiga generasi terakhir ini. Hemmmm.. sungguh tragis sekali nasibmu ya.....

0 Response to "Katak Goliath, katak terbesar di Afrika barat"

Posting Komentar