Latest Updates

Khasiat buah alpukat untuk kesehatan kita

Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi. Buah ini beraroma harum dan merupakan buah yang memiliki kandungan gizi yang sama besar dengan biji-bijian dan kacang-kacangan. Di beberapa daerah, buah ini sering disebut dengan nama buah pir buaya dan pir mentega (karena daging buahnya lembut seperti mentega).

Khasiat buah alpukat untuk kesehatan kita

Buah alpukat ini dihasilkan dari pohon alpukat yang seukuran dengan pohoncemara ( 20 - 25 meter ) dengan daun hijau dan besar. Pohon alpukat memerlukan tanah yang subur dan memiliki kandungan air yang cukup tinggi untuk dapat berkembang dan berbuah secara maksimal. Setelah berusia 8 - 10 bulan pohon ini akan mulai berbuah, ratusan buah yang berbentuk seperti buah pir berwarna hijau akan bermunculan dipohon.

Seperti halnya buah pisang, alpukat tidak matang dipohon akan tetapi mereka matang setelah selesai dipanen. Setelah matang buah ini berubah warna menjadi ungu gelap dan terasa lembut jika ditekan dengan tangan.

Dengan kandungan gizi yang cukup besar, buah alpukat memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan kita, seperti ;
  • Alpukat mengandung cukup besar lemak tak jenuh tunggal dan kalori, selain itu mereka juga kaya akan serat, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan kita.
  • Daging buah alpukat yang sudah berbentuk krim mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (asam oleat dan palmitoleat serta omega-6 poli-tak jenuh asam lemak asam linoleat). Menurut sebuah penelitian kandungan zat ini membantu mengusir LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik sehingga akan mencegah penyakit arteri koroner dan stroke.
  • Dengan kandungan serat yang cukup tinggi membuat buah ini memiliki peranan penting untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan sembelit.
  • Kandungan tanin yang ada dalam buah alpukat memiliki manfaat anti-inflamasi, anti-ulkus dan anti-oksidan.

0 Response to "Khasiat buah alpukat untuk kesehatan kita"

Posting Komentar